RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN To get thing done

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Madrasah                  :  SMP NEGER 10 Kota Sukabumi
Mata Pelajaran          : Bahasa Inggris
Kelas/Semester         : VIII (Delapan) / 1
Standar Kompetensi   :
1. Memahami   makna  dalam percakapan transaksional dan interpersonal  sederhana  untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar.
Kompetensi Dasar      :
1.1. Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done) dan  interpersonal (bersosialisasi) sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar yang melibatkan tindak tutur: meminta, memberi, menolak jasa, meminta, memberi, menolak barang, mengakui, mengingkari fakta, dan meminta dan memberi pendapat
Indikator                   :  Merespon ungkapan ungkapan :
·         meminta, memberi, menolak jasa
·         meminta, memberi, menolak barang
·         Mengakui, mengingkari fakta
·         meminta dan memberi pendapat
Jenis Teks                 : Transactional / Interpersonal
Aspek / Skill             : Mendengarkan
Alokasi Waktu          :    x 40 menit

1.        Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran siswa dapat :
  1. merespon ungkapan meminta, memberi dan menolak  jasa.
  2. merespon ungkapan meminta, memberi, menolak barang
  3. merespon ungkapan meminta, memberi, mengakui, mengingkari fakta

2.      Materi Pembelajaran
1.                                      Percakapan-percakapan singkat memuat ungkapan-ungkapan berikut:
                                                1.         A : Can you help me ?
                                                                                    B : Oh my pleasure.
                                                2.         A : Shall I throw the trash out?
                                                                                    B : No, thanks. I’ll throw it by myself.
                                                3.         A : Can I have a bit ?
                                                                                    B :Sure.  Here you are.,
                                                4.         A : Did you break the glass ?
                                                                                    B Yes,  I did /  No, it wasn’t me
                                     5.  A : Do you think it is good to plant flowers in his garden ?
           B : I think it is good because the soil is fertile ?

3.      Metode Pembelajaran / Teknik    : Three-phase technique                                                                                                                           

4.      Langkah-Langkah Kegiatan

A.Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi :
·         Tanya jawab mengenai teks tulis fungsional dan esai pendek sangat sederhana berbentuk descriptive dan procedure yang berkaitan dengan lingkungan terdekat
Motivasi :
·         Menjelaskan pentingnya materi yang akan dipelari berikut kompetensi yang harus dikuasi siswa

B.    Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;


F  Memperhatikan penjelasan tentang kosakata dan tatabahasa yang berkaitan dengan penulisan teks monolog deskriptif / prosedur
F  Menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  Memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  Membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  Memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  Memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  Memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  Memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F  Memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  Memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

C. Kegiatan Penutup
        Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;

a.      Kegiatan Pendahuluan
1. Greetings
            2. Calling the roll
b.      Kegiatan Inti
1.Membahas kata sulit yang digunakan dalam teks.
2.Mendengarkan kalimat-kalimat yang diucapkan guru.
3.Menentukan makna dan fungsi kalimat yang didengar
4.Menirukan kalimat-kalimat yang diucapkan guru
5.Mendengarkan percakapan tentang  isi percakapan
6.Merespon ungkapan-ungkapan : meminta/menolak jasa, memberi/memberi/menolak barang, mengakui/mengingkari fakta, meminta/memberi pendapat.
7.Melakukan perintah yang diucapkan guru
c.       Kegiatan Penutup
1.Menanyakan kesulitan siswa selama PBM.
2.Menyimpulkan materi pembelajaran
3.Menugaskan siswa untuk menggunakan ungkapan-ungkapan yang dipelajari dalam situasi yang sesungguhnya.

5.      Sumber Belajar
a.       Buku teks yang relevan
b.      Script percakapan atau rekaman percakapan

6.      Penilaian
a.       Teknik : Merespon ungkapan / pertanyaan secara lisan dan tulis.
b.      Bentuk             : Pertanyaan lisan
c.       Instrumen :
1.      Listen to the expressions and give your response orally
  1. Can you water these plants ? ( accept )
     ………………………………………………………………..
  1. Do you want me to water the flowers ? (accept )
     ………………………………………………………………..
  1. Can I help you dig the soil ? ( refuse )
     ………………………………………………………………..
  1. Do you think it is good to plant flowers in this garden ?
     ………………………………………………………………..
II.     Listen to the expressions and choose the best response, a, b, c or d.
1.                                      A: Can you get me any corns to feed the chickens ?
     B : …
                                                                        a. Sure, where do you keep them                                                                     c. Thank you, that’s very kind of you
                                                                        b. I don’t think it’s a good idea                                                                          d. Don’t worry, they are already full,
2.                                      A: I bring some pet-food for your cat ?
                                                B : …
a. Yes, I know.                                                                                                                                                                                                                                                            c. I don’t think I will like it.
                                                                                    b. Oh thank you so much.                                                                                                                                                       d. Sure ,  here you are
3.                                      A: Did you break the vase ?
                                                B : ………………………..
a. I don’t know.                                                                                                                                                                                                                                                 c.  I’m not sure
                                                                                    b. Yes, I did                                                                                                                                                                                                                                                                                         d. All right.

d.      Pedoman Penilaian:
1.    Untuk nomor I, tiap jawaban benar skor 3
2.                     Untuk nomor II, tiap jawaban benar diberi skor 2
3.                     Jumlah skor maksimal                      I                       5 x 3 = 15
                                                                                                                                                                                                                                                                                                            II                      5 x 2 = 10
                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                              Jumlah           25
4.                     Nilai maksimal = 10
5.                     Nilai Siswa =

e.       Rubrik Penilaian:
No.
Uraian
Skor
I
Isi benar, tata bahasa benar
Isi benar, tata bahasa kurang tepat
Isi dan tata bahasa kurang tepat
Tidak menjawab
3
2
1
0
II
Setiap jawaban yang benar
Setiap jawaban yang salah/tidak dijawab
2
0
                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                 




Mengetahui;
Kepala Sekolah SMPN 10 Kota Sukabumi



N. SUKARMAN,     MPd.
NIP. 196004031980 031007


Sukabumi,    10 September 2013



Guru Mata Pelajaran,



CHOERUL HUDA, Ma E.S.
NIP : 1971 086 2005 011005


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 21.03

0 komentar:

Posting Komentar